Pelestarian Hutan Indonesia

/Pelestarian Hutan Indonesia

Pelestarian Hutan Indonesia

Semakin meningkatnya pemanasan global pada abad ke 21 ini, kebutuhan akan adanya hutan sebagai sistem penyangga kehidupan dan pengatur suhu bumi semakin meningkat dan sangat  dibutuhkan. Keadaan tersebut  mendorong seluruh warga dunia bersatu untuk melindungi  dan  melestarikan hutan, demi terwujudnya keberlangsungan kehidupan di bumi ini selama-lamanya. Namun, pelestarian hutan bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan seperti membalik telapak tangan, tetapi dengan menyadarkan kepada masyarakat betapa pentingnya hutan bagi di dalam kehidupan sekarang dan mendatang.

Di Indonesia, hutan menjadi sangat penting bagi keberlangsungan hidup,bahkan di tetapkan sebagai paru –paru dunia. Bagaimana tidak, Sekitar 48,8 juta orang hidup di hutan negara dan sekitar 10,2 juta orang di antaranya merupakan orang miskin. Secara keseluruhan, sekitar 20 juta orang Indonesia tinggal di daerah pedesaan dekat hutan, dan sekitar 6 juta orang memperoleh penghasilan dari sumber daya hutan (CIFOR, 2004). Di samping itu ,hutan juga berfungsi sebagai ladangnya ekonomi .Karena,bisa di jadikan objek wisata,tempat penelitian,tempat mencari obat-obatan,kayu tua yang layak di tebang untuk di jadikan bangunan rumah dan prabotan rumah tangga,makanan dan lainya..

Dengan begitu banyaknya manfaat dan keperluan hutan ,dan aktivitas ilegal yang terjaring di hutan –hutan  seperti penebangan liar,menambang emas liar,penyeludupan kayu dan konversi kawasan hutan yang menjadi pusat penggunaan bangunan pabrik,perumahan dan gedung –gedung.tanpa mengindahkan kaidah-kaidah pengelolaan hutan yang lestari ,tanpa memikirkan jangka waktu kedepan., mengakibatkan laju kerusakan hutan pada masa reformasi sebesar 2,8 juta Ha/ tahun atau sekitar 59 Ha dan Setiap tahun, Indonesia kehilangan hutan seluas 684.000 hektar akibat pembalakan liar, kebakaran hutan, perambahan hutan dan alih fungsi hutan. kompas.com  Padahal, Indonesia disebut sebagai megadiverse country karena memiliki hutan terluas dengan keanekaragaman hayatinya terkaya di dunia. “Menurut data terbaru dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Indonesia, total luas hutan saat ini mencapai 124 juta hektar. Tapi sejak 2010 sampai 2015, Indonesia menempati urutan kedua tertinggi kehilangan luas hutannya yang mencapai 684.000 hektar tiap tahunya,” beber Deputi FAO Representative bidang program di Indonesia, Ageng Herianto, dalam seminar dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Pemerintah Provinsi Sulsel di Hotel Dalton, Selasa (30/8/2016).

Maka dari itu untuk menjaga kelestariannya, Pemerintah telah menetapkan kawasan hutan konservasi dan kawasan hutan lindung. Kawasan hutan konservasi yang telah ditetapkan seluas lebih dari 28 juta Ha yang terbagi menjadi 535 unit pengelolaan. Sedangkan hutan lindung + 33,5 juta Ha tersebar di seluruh Indonesia.Berikut ini adalah 7 hutan lindung yang ada di Indonesia :

  1. Hutan Lindung Sungai Wain

Hutan Lindung Sungai Wain berada di wilayah Kota Balikpapan, Propinsi Kalimantan Timur. Luas Hutan ini sekitar 9.782,80 Ha.

  1. Hutan Lindung Wehea

Hutan Lindung Wehea berada di wilayah Kabupaten Kutai Timur, propinsi Kalimantan Timur. Pulau Kalimantan sangatlah kaya akan wilayah hutan, karena pulau Kalimantan merupakan pulau terbesar di Indonesia, wilayahnya sangat luas sekali.Luas wilayah kawasan Hutan Lindung Wehea adalah 38.000 Ha.

  1. Hutan Alas Kethu

Hutan Alas Kethu merupakan kawasan hutan lindung yang berada di wilayah Kabupaten Wonogiri, Propinsi Jawa Tengah. Hutan ini didominasi oleh aneka pepohonan yakni pohon jati, pohon mahoni, pohon kayu putih, dan pohon akasia. Luas kawasan hutan ini 40 Ha.

  1. Hutan Taman Raya Bung Hatta

Hutan ini berada di wilayah kota Padang, Propinsi Sumatera Barat. Luas hutan lindung yang satu ini sekitar 70.000 Ha.

  1. Cagar Alam Hutan Kepulauan Karimata

epulauan Karimata merupakan kepulauan yang terdiri dari gugusan pulau – pulau kecil, dimana salah satunya yang terbesar bernama pulau Karimata, sehingga kepulauan ini disebut sebagai kepulauan Karimata.

  1. Hutan Lindung Baning

Hutan Lindung Baning ini sangat unik, karena berada di tengah – tengah kota Sintang, Propinsi Kalimantan Barat. Luas hutan lindung ini sekitar 215 Ha.

  1. Hutan Betung Kerihun

Hutan Betung Kerihun dikenal sebagai Taman Nasional Hutan Betung Kerihun, karena kawasan hutan lindung yang satu ini merupakan cagar alam nasional yang ditetapkan pemerintah agar keberadaannya tetap terjaga dengan baik oleh masyarakat setempat.

Hutan Betung Kelihun ini berada di Propinsi Kalimantan Barat dimana merupakan wilayah perbatasan langsung dengan wilayah Serawak negara Malaysia, negara tetangga Indonesia.

Pengelolaan hutan produksi alam dalam pemanfaatan untuk mendukung bahan baku industri perkayuan luas eksploitasinya dikendalikan secara hati-hati. Harus dengan sistem tebang pilih dan Dalam jangka panjang kebutuhan industri perkayuan bahan baku dipenuhi dari hutan tanaman yang diproyeksikan seluas 10 juta Ha.

Dengan pelestarian hutan secara efektif melalui pengelolaan yang terpisah yaitu hutan konservasi , hutan lindung dan hutan industri. Kemungkinan  besar hutan di Indonesia yang berfungsi sebagai  sistem penyangga kehidupan dan pengatur keseimbangan ekosistem dan suhu panas di bumi dapat terlaksana dengan baik.

Tulisan oleh: Azlansyah
Ilustrasi: http://vectorplusdownload.blogspot.co.id/2014/06/trees-without-leaves-at-forest.html

Referensi: http://miner8.com/id/2931

By | 2018-04-23T22:34:03+00:00 April 23rd, 2018|Categories: esai, konservasi|Tags: , , , , , , |Comments Off on Pelestarian Hutan Indonesia
%d bloggers like this: