Koservasi adalah upaya-upaya pelestarian lingkungan dan tetap memperhatikan manfaat yang bisa didapatkan pada saat itu dengan cara tetap mempertahankan keberadaan setiap komponen-komponen lingkungan untuk pemanfaatan di masa yang akan datang. Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber daya alam yang melimpah baik dalam sektor laut dan hutan yang harus dilindungi dan dijaga kelestariannya.

Kita lihat pada sektor hutan indonesia beribu hektar yang masih menyimpan banyak flora fauna dan masih terdapat satwa yang langka agar tidak punah dan terjaga ekosistemnya. Hal ini Sesuai dengan tujuan konservasi yaitu, untuk memelihara maupun melindungi tempat-tempat yang berharga supaya tidak hancur, berubah ataupun punah, serta menjaga kualitas lingkungan supaya tetap terjaga.

Peran masyarakat sebagai stakeholder utama sangat penting, bagaimana tidak meskipun sudah terdapat undang-undang dalam perlindungan hutan akan tetapi masih banyak juga oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dan merusak hutan hanya untuk kepentingan pribadi dan kelompoknya tanpa memikirkan kehidupan anak cucu dalam jangka panjang. Kerusakan tersebut telah banyak terjadi dan hal ini tidak lain disebabkan oleh manusia sendiri yang terus menerus mengeksploitasi hutan secara liar mengakibatkan hewan-hewan terganggu habitatnya dan pada akhirnya hal itu dapat mengganggu masyarakat sendiri, mengapa? Hewan-hewan banyak yang keluar dari hutan hingga ke lingkungan masyarakat sendiri. Dan juga ketika hutan dirambah atau di tebang, akan mengakibatkan satu persatu satwa menjadi hilang dan akhirnya punah. Pada dasarnya pemanfaatan hutan dapat dilakukan tanpa harus merusak ekosistem dan perlindungan secara alami, serta masyarakat harus cerdas dalam pemanfaatan sumber daya alam yang ada.

Selanjutnya kita bahas pada sumber daya alam laut dan lingkungannya. Gugusan pulau-pulau indah dan garis pantai yang panjang yang dimiliki oleh indonesia membuat siklus perekonomian yang baik untuk masyarakat yang cerdas dalam pemanfaatan alam ini. Dan pada umumnya masyarakat yang tinggal dekat dengan pesisir pantai menggantungkan hidupnya pada laut yaitu menangkap ikan dan melakukan berbagai aktivitas lainnya. Apabila kita merusaknya tidak terbayangkan kemana nelayan akan menggantungkan hidupnya jika tidak dari alam ini.

Kita lihat pada isu lingkungan di sekitar pantai, ya masih banyak yang belum sadar pentingnya menjaga lingkungan sekitar pantai, banyak dari kita yang masih saja membuang sampah kelaut, membuat aliran limbah pabrik ke laut, terlebih lagi masalah besarnya adalah dibeberapa pulau, masyarakatnya mengambil pasir untuk pembangunan gedung-gedung dan membuat pulau-pulau kecil semakin lama semakin habis dan terjadilah abrasi pantai. Kerusakan lainnya seperti penebangan hutan mangrove dan banyak lagi. Dan pada akhirnya terjadi kerusakan pada ekosistem laut, merusak atau mematikan komponen biotik perairan, tidak hanya itu sampah yang di buang kelaut akan balik ke perkampungan masyarakat dan akan terjadi penumpukan sampah di bibir pantai, dan dapat membahayakan kesehatan bahkan mengancam nyawa manusia.

Kita tahu bahwa laut dan pantai indonesia di kenal sebagai pariwisata yang indah dan sangat diminati baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara, tentu saja kita sebagai stakeholder utama tidak ingin merusaknya dan bersama melakukan pelestarian secara alami dan melindungi lingkungan sekitar.

Oleh karena itu sangat perlu dilakukannya pelestarian dan perlindungan sumber daya alam secara berkelanjutan. Apa yang harus dilakukan? Siapa yang sangat berperan? Hal ini sebaikanya sama-sama kita lakukan tentunya tidak membuang sampah sembarangan, kurangi sampah plastik, tambang batu bara dihentikan dan diganti dengan energi terbarukan yang ramah lingkungan seperti energi matahari, kincir angin, PLTA, memperbanyak hutan suaka alam demi kelestarian alam dan isinya, melakukan penghijauan seperti menanam pohon, tebang pilih, sosialisasi mengenai kebaikan menjaga alam dan lingkungan.

Perlindungan dan pelestarian tentunya memerlukan dukungan dari penggiat lingkungan serta bekerjasama dengan berbagai pihak untuk membantu dan menjaga lingkungan yang berbasis pada sumbe rdaya lokal, berorientasi pada perlindungan yang berkelanjutan, bertumpu pada pengembangan sumber daya manusia dan penguatan kelembagaan lokal yang bersifat partisipatif, yang melibatkan masyarakat sebagai stakeholder utama yang sangat berperan dalam pemeliharaan.

Tulisan: Sukri Mansyah
Ilustrasi gambar: https://www.pinterest.com/pin/422282902535281370/